Program Magister Manajemen

VISI :

Menjadi Program Studi Magister Manajemen yang unggul Pada Bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Perbankan serta Kewirausahaan

MISI :

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Program Studi Magister Manajemen yang bermutu dan Relevan.
  2. Menciptakan Suasana Akademik Yang Kondusif bagi Pengembangan Ilmu Ekonomi pada Bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Perbankan serta Kewirausahaan
  3. Memberikan Pelayanan yang Baik kepada Seluruh Pemangku Kepentingan

TUJUAN :

  1. Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter dan Berdaya Saing Pada Bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Perbankan serta Kewirausahaan.
  2. Kontribusi Bagi Ilmu Ekonomi pada Bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Perbankan serta Kewirausahaan
  3. Program Studi Magister Manajemen yang sehat dan Mandiri
  4. Program Studi Magister Manajemen yang Bereputasi baik di Indonesia 


BEBAN STUDI :

Metode dan proses pembelajaran yang diberikan pada program Magister Manajemen STIE INABA berdasarkan kepada besarnya SKS (Satuan Kredit Semester) dengan beban 42 SKS (Satuan Kredit Semester) termasuk tesis

PILIHAN KONSENTRASI :

Program Magister Manajemen STIE INABA mempunyai pilihan konsentrasi yang terdiri :

  1. Manajemen Keuangan
  2. Manajemen Sumber Daya Manusia
  3. Manajemen Pemasaran
  4. Manajemen Perbankan

WAKTU PERKULIAHAN :

Kamis  : 18.30 - 21.00

Jum'at : 18.30 - 21.00

Sabtu :  07.00 - 18.00

"Jadwal Sewaktu-waktu bisa berubah"

Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Metoda pembelajaran yang akan digunakan pada Program Pascasarjana Magister Manajemen STIE INABA akan dapat mengantarkan para lulusan untuk membuat karya ilmiah yang layak publikasikan baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

Metoda Pembelajaran Kuliah.

Perkuliahan dalam satu semester dilakukan dalam 14 ( empat belas )  kali tatap muka dan diarahkan menuju Student Centered Learning (SCL) mencakup antara lain 

  1. Diskusi kecil (Small group discussion)
  2. Studi Kasus (Case study)
  3. Contextual Instruction

          Untuk mengurangi kejenuhan dan menambah wawasan pengetahuan terutama kaitannya dengan kebutuhan kualifikasi hasil pendidikan, maka perkuliahan dalam 14 ( empat belas )  kali pertemuan tatap muka dapat diselingi dengan kuliah umum dengan mendatangkan praktisi yang sukses.

  1. Diskusi Kecil

            Diskusi kecil dilakukan dengan mengarahkan mahasiswa untuk membentuk kelompok diskusi yang masing masing beranggotakan 5 ( lima )  orang untuk mempresentasikan,  mendiskusikan bahan ajar yang diberikan dosen pengajar atau yang diperoleh sendiri sebagai tugas kelompok. Diskusi kecil ini dimaksudkan untuk membangkitkan ide, mengakses tingkat skill dan pengetahuan, serta menyelesaikan masalah.

  1. Studi Kasus

  Studi kasus dilakukan dengan mengarahkan mahasiswauntuk menganalisis suatu peristiwa atau kejadian ekonomi tertentu yang sedang berlangsung. Tujuan diberikan studi kasus pada setiap mata kuliah di masing-masing konsentrasi untuk mempertajam pemahaman, daya pikir dan analisis mahasiswa.

  1. Contextual Instruction       

            Kegiatan ini membantu tenaga pendidik mengaitkan isi matakuliah dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari hari, dan membantu mahasiswa  untuk membuat konstelasi antara pengetahuan dan aplikasinya dalam kehidupan sehari hari sebagai anggota masyarakat, pelaku kerja professional, manajerial, entrepreneur  ataupun investor.

Methoda Pembelajaran  Praktikum

           Pembelajaran dengan praktikum dilakukan dengan memberikan :

  1. Studi Kasus,
  2. Pencarian Data
  3. Simulasi
  1. Studi Kasus,

Dengan studi kasus diharapkan mahasiswa dapat memiliki kemampuan analitis, memikirkan dan memberikan solusi terbaik untuk masalah pada tugas studi kasusnya.

  1. Pencarian Data

Pencarian data di internet akan membuka wawasan dan membiasakan mahasiswa  untuk pantang menyerah dan membangkitkan keingintahuannya atas informasi up to date dan selalu kreatif dan inisiatif untuk mencari hal-hal baru terutama yang berkaitan dengan informasi manajemen.

  1. Simulasi

Dengan simulasi dapat dikembangkan kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, kemampuan leadership, komunikasi serta kemampuan bersosialisasi yang semuanya sangat dibutuhkan dalam operasional perusahaan.

Metoda Pembelajaran  Penyusunan Tesis

       Penyusunan tesis pada program Pascasarjana Magister Manajemen  STIE INABA dilaksanakan pada semester IV setelah mahasiswa menyelesaikan seluruh mata kuliah inti dan mata kuliah wajib  konsentrasi.

Prosen penyusunan tesis dimulai dengan :

  1. Bimbingan Tesis
  2. Seminar Usulan Penelitian (UP)
  3. Penyusunan Tesis
  1. Bimbingan Tesis

Setelah mahasiswa dinyatakan lulus untuk semua mata kuliah inti dan mata kuliah wajib di smester !, II dan smester III, maka mahasiswa diwajibkan membuat sebuah  karya ilmiah berupa tesis. Dalam penyusunan tesis ini mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing. Pada saat Bimbingan Tesis ini mahasiswa wajib mempertahankan judul untuk sebuah penelitian yang akan menjadi cikal bakal karya ilmiah. Dan apabila telah disetujui penetapan judul tesis, teori-teori yang digunakan dalam tesis serta methoda-methoda apa yang dilakukan di dalam penelitian ini, mahasiswa wajib melakukan seminar atas Usulan Penelitian yang dilakukannya.

Seminar Usulan Penelitian (UP)

Seminar Usulan Penelitian (UP) yang merupakan rencana kerja mahasiswa  dalam rangka penyusunan tesis. Dengan kata lain Seminar Usulan Penelitian merupakan  kerangka tesis yang telah diisi dengan data empirik yang teruji menjadi suatu karya ilmiah yaitu berupa  tesis. Seminar Usulan Penelitian dilakukan ketika mahasiswa  mengikuti mata kuliah Metode Penelitian Bisnis.

    1. Tesis merupakan karya ilmiah akhir yang asli dibuat mahasiswa, dibuat berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode dan kaidah keilmuan yang berlaku dan harus mempunyai nilai manfaat praktis yang seimbang dengan sumbangan keilmuannya.
    2. Penyusunan tesis dibuat setelah mahasiswa  dinyatakan lulus Seminar Usulan Penelitian Tesis. Naskah tesis yang sudah dinilai dan disetujui oleh Tim pembimbing dipersiapkan untuk dipertahankan dalam ujian Tesis (Ujian Sidang Akhir Lisan dan Terbuka).
    3. Ujian Sidang Aklhir diselenggarakan oleh Tim Penguji yang terdiri dari 2 Dosen Penguji dan 1 Dosen Pembimbing.
    4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebagai dasar penentuan predikat kelulusan, didapat mahasiswa selama proses belajar, termasuk tesis.
    5. Perbaikan tesis dilakukan paling lama 1 bulan setelah ujian sidang tesis dilakukan.
  1. Ijazah dapat diambil setelah perbaikan tesis dan proses akademik lainnya telah diselesaikan.

Mata Kuliah Program Pascasarjana Magister Manajemen

Mata Kuliah Program Pascasarjana Magister Manajemen

Mata kuliah yang diberikan pada program Pascasarjana Magister Manajemen STIE INABA disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku dan dibagi dalam mata kuliah Inti dan mata kuliah wajib konsentrasi

  1. Mata kuliah inti/mata kuliah landasan keahlian diberikan pada semester I berupa Manajemen Keuangan, Manajemen SDM , Manajemen Pemasaran,  dan Ekonomi Manajerial , dimaksudkan agar personil-personil lulusan program Pascasarjana Magister Manajemen STIE INABA mampu dan bisa mengaplikasikan masalah-masalah inti di dalam perusahaan yaitu masalah Keuangan, SDM dan Pemasaran. Karena menurut survey  hampir semua perusahaan-perusahaan baik itu BUMN,  perusahaan swata nasional maupun swasta  internasional ataupun institusi-institusi perbankan baik milik pemerintah maupun perbankan swasta nasional maupun swasta internasional akan sangat membutuhkannya.
  2. Mata kuliah inti/ mata kuliah landasan keahlian pilihan diberikan pada semester II berupaKomunikasi Bisnis, Manajemen Strategik, Manajemen Jasa dan Manajemen Kreativitas & Inovasi  dimaksudkan agar personil-personil lulusan program Pascasarjana Magister Manajemen STIE INABA mampu mengaplikasikan masalah-masalah komunikasi di dalam bisnis jasa,  mampu membuat srategi-strategi jitu untuk mempertahankan suatu perusahaan melalui kreativitas & inovasi produk.

Adapun mata kuliah wajib/mata kuliah keahlian utama wajib,   yang harus diikuti oleh semua  mahasiswa program Pascasarjana Magister Manajemen STIE INABA untuk semua konsentrasi adalah mata kuliah Metodologi Penelitian Bisnis & Seminar UP. Penguasan mata kuliah ini dimaksudkan agar para mahasiswa program Magister Manajemen STIE INABA memahami cara membuat suatu karya ilmiah dalam hal ini Tesis  yang bisa diakui oleh nasional maupun internasional

  1. Mata kuliah Wajib/mata kuliah keahlian utama pilihan diberikan sesuai kepada para mahasiswa sesuai dengan pilihan konsentrasi program Pascasarjana Magister Manajemen yang diplihnya.
  • Untuk konsentrasi Manajemen Keuangan, mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah wajib yang harus diikuti yaitu : Manajemen Investasi, Manajemen Keuangan Internasional dan Restrukturisasi Perusahaan.
  • Untuk konsentrasi Manajemen SDM, mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah wajib yang harus diikuti yaitu Prilaku Organisasi dan Kepemimpinan, Strategi SDM dan Manajemen Kinerja
  • Untuk konsentrasi Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah wajib yang harus diikuti yaitu Manajemen Pemasaran Strategik, Manajemen Pemasaran Jasa  dan Manajemen Pemasaran Bisnis Ritel
  • Untuk konsentrasi Manajemen Pebankan , mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah wajib yang harus diikuti yaituManajemen Dana dan Jasa Perbankan, Manajemen Kredit Perbankan dan Manajemen Resiko Perbankan

Susunan/Struktur  Mata Kuliah Persemester beserta

Adapun komposisi kurikulum operasional yang diselenggarakan program Pascasarjana Magister Manajemen STIE INABA  disesuaikan dengan 4 (empat) konsentrasi yang akan dibuka  yaitu konsentrasi Manajemen Keuangan, konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia, konsentrasi Manajemen Pemasaran dan konsentrasi Manajemen Perbankan.

Setiap mata kuliah baik itu mata kuliah inti maupun mata kuliah wajib untuk setiap konsentrasi mempunyai bobot 3 ( tiga ) Satuan Kredit Smester . Perkuliahan yang wajib diikuti oleh mahasiswa program Pascasarjana Magister Manajemen STIE INABA adalah 3 ( tiga ) Smester dimana setiap smester diberi bobot 12 ( dua belas ) Satuan Kredit Smester,  sehingga  total perkuliahan mempunyai bobot 36 ( tiga puluh enam ) Satuan Kredit Smester.

  1. Pada smester I mata kuliah inti yang wajib diikuti ada 4 ( empat ) mata kuliah yaitu :  Manajemen Keuangan, Manajemen SDM , Manajemen Pemasaran,  dan Ekonomi Manajerial dimana masing-masing mata kuliah mempunyai bobot 3 (Satuan Kredit Smester. Sehingga pada smseter I mahasiswa program Magister Manajemen STIE INABA telah mendapat 12 ( dua belas ) Satuan Kredit Smester.
  2. Pada smester II mata kuliah inti yang wajib diikuti ada 4 ( empat ) mata kuliah yaitu : Komunikasi Bisnis, Manajemen Strategik, Manajemen Jasa dan Manajemen Kreativitas & Inovasi dimana masing-masing mata kuliah mempunyai bobot 3 (Satuan Kredit Smester. Sehingga pada smseter II mahasiswa program Magister Manajemen STIE INABA telah mendapat 12 ( dua belas ) Satuan Kredit Smester.
  3. Pada smester III mata kuliah inti yang wajib diikuti ada 1 ( satu ) mata kuliah yaitu Metodologi Penelitian Bisnis & Seminar UP bagi setiapmahasiswa program Pascasarjana Magister Manajemen STIE INABA sedang untuk mata kuliah wajib  yang wajib diikuti untuk setiap konsentrasi ada 3 ( tiga )  mata kuliah dimana masing-masing mata kuliah konsentrasi mempunyai bobot 3 ( tiga ) Satuan Kredit Smester, sehingga total bobot pada smester III adalah 12 ( dua belas ) Satuan Kredit Smester.
  4. Pada smester IV para mahasiswa program Pascasarjana Magister Manajemen STIE INABA, wajib membuat karya tulis ilmiah berupa tesis yang mempunyai bobot 6 ( enam ) Satuan Kredit Smester. Sehingga total bobot keseluruhan program Pascasarjana Magister Manajemen STIE INABA untuk mata kuliah inti dan mata kuliah wajibadalah 42 ( empat puluh dua ) Satuan Kredit Smester.

Kurikulum dan Konsentrasi Program Pascasarjana Magister Manajemen

Kurikulum dan Konsentrasi  Program Pascasarjana Magister Manajemen

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja.

Kurikulum program Pascasarjana Magister Manajemen  STIE INABA, terdiri dari tiga bidang mata ajaran, yaitu :

1.Sub bidang mata ajaran  disiplin dasar dan metodologi  : merupakan mata ajaran alat serta disiplin dasar yang harus dikuasai baik untuk menstrukturkan daya analisis maupun memberikan dasar pertimbangan berpikir ekonomi.

2.Sub bidang mata ajaran  fungsional dan konsentrasi: merupakan mata ajaran yang berhubungan dengan fungsi-fungsi serta tugas-tugas manajemen dan merupakan mata ajaran pendalaman untuk memperluas daya nalar sesuai dengan konsentrasi yang dipilihnya.

3.Sub bidang mata ajaran  integrasi: merupakan mata ajaran yang melingkupi Manajemen Strategik dan Penelitian Tesis, yang ditunjang bidang konsentrasi merupakan pemersatu dan pemandu dalam manajemen perusahaan. Dengan memperhatikan aspek akademik dan praktek, serta pengaruh lingkungan internal maupun lingkungan eksternal diupayakan untuk meningkatkan kompetensi profesional akademik dalam manajemen usaha di lingkungan persaingan.

Program Pascasarjana Magister Manajemen diselenggarakan dalam tiga waktu perkuliahan yang dapat dipilih mahasiswa yaitu:

Kamis dan Jum’at   :  Jam 18.30 – 21.00

Setiap mata kuliah dihitung berdasarkan bobot Satuan Kredit Semester (SKS) dan mempunyai nilai per satuan kredit semester yang terdiri dari:

  1. 150 menit kegiatan terjadwal;
  2. 50 - 100 menit kegiatan terstruktur, yang direncanakan oleh tenaga pendidik pengampu mata kuliah bersangkutan, misalnya menyelesaikan pekerjaan rumah, tugas pembuatan kasus, menerjemahkan suatu artikel dan sebagainya;
  3. 50 menit kegiatan mandiri, misalnya membaca buku rujukan, memperdalam materi, dan sebagainya.

Metode dan proses pembelajaran yang diberikan pada Program Pascasarjana Magister Manajemen STIE INABA berdasarkan kepada besarnya SKS (Satuan Kredit Semester) yaitu  sebagai berikut :

Untuk 3 SKS terdiri dari 14 kali pertemuan tiga sesi @ 150 menit yaitu: 6 kali kuliah tatap muka, 6 kali diskusi, 1 kali ujian sisipan dan 1 kali ujian akhir dan pembahasan minimal 3 penugasan kasus.

     Tiap Semester disusun antara 12 SKS dengan memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk lebih banyak melaksanakan kegiatan mandiri. Susunan kurikulum adalah sebagai berikut :

Kurikulum Kelas Pagi/Sore/Ekskutif  (42 SKS)

Semester I (12 SKS)

No.

Sandi

Mata Kuliah Inti                                                            SKS

SKS

1.

2.

3.

4.

 

Ekonomi Manajerial                                                      3

Manajemen Keuangan                                                  3

Manajemen Pemasaran                                                3

(3)

(3)

(3)

(3)

                                                                                                              Jumlah               12

Mata Kuliah Inti :

  1.    EKONOMI MANAJERIAL (Advanced)*                                3

   Managerial Economics (Advanced)

Ekonomi Manajerial memberikan teori dan metodologi yang dibutuhkan oleh para eksekutif dalam pengambilan keputusan usaha, dengan memanfaatkan konsep-konsep dan teknik-teknik yang biasa digunakan dalam teori ekonomi dan teori pengambilan keputusan. Topik-topik yang dibahas antara lain mencakup: optimasi ekonomi, analisis risiko, teori dan analisis biaya, analisis produk dan struktur pasar, analisis kebijakan harga, peraturan pemerintah dalam ekonomi dan perencanaan investasi.

  1. MANAJEMEN SDM (Advanced)*                              3 SKS

    Human Resource Managemet  (Advanced)                

Menjajaki berbagai teori serta praktek administrasi personalia dengan merujuk terutama pada pendekatan diagnosis, mengkaitkan kondisi eksternal, penetapan sasaran dan upaya-upaya yang diperlukan untuk mencapai sasaran sumber daya manusia dengan pembahasan fungsi-fungsi operatif MSDM pada masalah recruitment, retensi, sistem insentif dan perencanaan sumber daya manusia.

  1. MANAJEMEN KEUANGAN (Advanced)*       3 SKS

 Financial Management (Advanced)

Memperkenalkan konsep-konsep dasar yang relevan dalam proses perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan, baik strategik manajerial maupun operasional dalam bidang keuangan. Topik-topik yang dibahas antara lain aspek-aspek yang relevan dengan anggaran modal, analisis dan interpretasi laporan keuangan, manajemen modal kerja, struktur modal, leasing dan kebijakan dividen.

  1. MANAJEMEN PEMASARAN (Advanced)*                                           3 SKS

Marketing Management (Advanced)

Memperkenalkan konsep-konsep dasar yang relevan dengan proses perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan dalam bidang pemasaran, baik strategik manajerial maupun operasional, antara lain mencakup profil produk, profil konsumen, profil persaingan, segmentasi pasar, sasaran pasar, bauran pasar, perencanaan, pengendalian serta pengukuran keefektifan pasar, dan sistem informasi pemasaran.

Semester II (12 SKS)

No.

Sandi

Mata Kuliah Inti                                                              SKS

N

1.

2.

3.

4.

 

Manajemen Strategik                                                      3

Manajemen Jasa                                                               3

Manejemen Kreativitas & Inovasi                                  3

 

                                                                                                            Jumlah                    12

Mata Kuliah Inti :

  1. MANAJEMEN3 SKS

Strategic Management

Memberikan pengetahuan, kemampuan serta keterampilan untuk merangkap berbagai konsep, metode dan teknik yang telah dikembangkan dalam mata ajaran sebelumnya ke dalam konsep strategi. Melalui studi kasus, materi ajaran dirancang sedemikian rupa sehingga menampung interaksi dan keterpaduan diantara berbagai disiplin ilmu yang relevan dengan strategi. Fokus mata ajaran diorientasikan ke arah peningkatan kemampuan dalam perumusan pilihan strategi yang diperlukan ditinjau dari perspektif pimpinan puncak dan pimpinan fungsional perusahaan.

  1.     KOMUNIKASI                                                  3 SKS

              Business Communications

Kunci keberhasilan bisnis antara lain terletak dalam kemampuan CEO dalam menciptakan         jaringan kerjasama yang pada dasarnya bermuara dari kemampuan komunikasi bisnis. Topik ini mengangkat masalah-masalah pilihan-pilihan membentuk jaringan komunikasi, memanfaatkan teknologi informasi, pola-pola komunikasi dalam kelompok, distorsi komunikasi, dan efektivitas organisasi dikaitkan dengan komunikasi bisnis.

  1. Manajemen Bisnis                                                                                                                               3 SKS

Service Business Management

            Meningkatkan pengetahuan mengenai manajemen di bidang bisnis jasa seperti : bisnis perbankan, asuransi, dan properti, hingga diharapkan para mahasiswa mempunyai kemampuan dalam memahami proses dan fungsi manajemen bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Pokok bahasan adalah : peranan jasa dalam perekonomian. Pengertian dan sifat jasa. Prinsip-prinsip manajemen jasa, konsep jasa dan strategi bersaing. Pengelolaan   operasi jasa. Sistem penyerahan jasa. Strategi jasa dan kualitas jasa. Organisasi perusahaan jasa.

4)Manajemen kreativitas & inovasi              3 SKS

          Creativity & Innovation Management

Mengembangkan potensi kreatif dan merangsang inovasi melalui “suara hati” yang merupakan bisikan rahasia untuk mencapai keberhasilan, sebagai perwujudan individu yang memiliki jiwa wirausaha. Dengan demikian perlu diberikan pengetahuan serta pemahaman tentang pentingnya kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha. Kreativitas, lebih dari yang disadari oleh sebagian besar orang, meskipun

tidak saling percaya satu sama lain, para penyadur (adaptor) dan inovator adalah orang yang kreatif. Kemudian, mengetahui dan memahami pula tentang bagaimana cara manajemen dapat mengembangkan dan mendukung lingkungan yang kreatif, agar karyawan memperlihatkan kreativitas, prakarsa, kaya sumber, dan mengerjakan segala sesuatu di luar wewenang tanggung jawab serta di luar struktur perintah, tapi tetap berada dalam pengendalian manajemen. Dengan menyadari bentuk-bentuk kreatif, maka mereka yang berjiwa wirausaha dapat menyesuaikan kemampuan karyawannya dengan kebutuhan organisasi.  Pembahasan materi tentang manajemen kreativitas; Pengembangan potensi kreatif; Kreativitas dan keselarasan dalam rangka mencari keseimbangan; Mengelola orang-orang kreatif; dan Menuai imajinasi untuk memecahkan masalah dengan kreatif. Selanjutnya, membahas juga tentang: keunikan inovasi berdasarkan pengetahuan; cara manajemen mempengaruhi penciptaan gagasan; merangsang inovasi agar tumbuh gairah dalam mencari gagasan-gagasan yang baik dalam suatu organisasi; serta efektif dalam mengelola inovasi.

No.

Sandi

Mata Kuliah                                                                     SKS

SKS

1.

2.

3.

 

1 Mata Kuliah Konsentrasi                                              9

Metodologi Penelitian dan                                             9

Seminar Usulan Tesis

(9)

(3)

No.

Sandi

Mata Kuliah                                                                      SKS

SKS

1.

   

(6)

Mata Kuliah Konsentrasi

Konsentrasi Manajemen Keuangan (12 SKS)

No.

Sandi

Mata Kuliah                                                                       SKS

SKS

1.

2.

3.

4.

 

Mata Kuliah Inti:

Metodologi Penelitian Bisnis & Seminar UP                            3

Mata Kuliah Wajib Konsentrasi:

Manajemen Investasi                                                          3

Manajemen Keuangan Internasional                                     3

Restrukturisasi Perusahaan                                                 3

(3)

(3)

(3)

(3)

   

                                                             Jumlah                      12

 

Mata Kuliah Inti :

  1. MEtodologi Penelitian                                  

Research Methodology in Economics Sciences

Merupakan suatu mata kuliah alat  yang membahas tentang azas penelitian ilmiah, syarat-syarat penelitian ilmiah, hipotesis dan kegunaan dalam penelitian ilmiah instrumen penelitian, metode pengumpulan data, metode analisis, penyusunan proposal penelitian dan penulisan laporan penelitian, khususnya dalam bidang ekonomi

  1. Seminar Usulan                

            Seminar of Research Proposal

           Sebelum melakukan Seminar Usul Penelitian diwajibkan mengikuti minimal 8 kali Seminar Usul Penelitian dalam program Pascasarjana/bidang ilmu yang relevan. Presentasi lisan usul penelitian untuk tesis/disertasi di muka tim penilai yang terdiri atas Komisi Pembimbing/Promotor dan para penelaah yang ditetapkan.

Mata Kuliah Konsentrasi

Konsentrasi Manajemen Keuangan

1)MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL                                    3 SKS

                  Internasional Finance Management

Memperkenalkan perangkat analisis dalam rangka pemahaman investasi internasional serta kerja sistem Manajemen Keuangan Internasional. Topik-topik yang dibahas antara lain meliputi hubungan antara investasi dengan sistem keuangan internasional, mekanisme dan operasi valuta asing, perangkat analisis, perubahan kurs, currency exposure dampaknya pada dunia usaha, terutama untuk perusahaan multinasional, serta metode untuk mengurangi resiko dan konsep country risk analysis.

2)MANAJEMEN INVESTASI                                                                           3 SKS         

Memberikan pengetahuan tentang pengelolaan kas serta bagaimana melakukan investasi dalam portfolio, surat-surat berharga dan portfolio aktiva tetap dengan memperhatikan derajat resiko dan pendapatan yang diharapkan, sehingga menguntungkan bagi perusahaan.

3)FINANCIAL DISTRES AND CORPORATE RESTRUCTURING                        3 SKS

Membahas proses restrukturisasi yang dilakukan perusahaan dalam bentuk merger dan akuisisi, divestasi, spin off dan equity carve out. Selanjutnya dibahas perusahaan yang mengalami kesullitan keuangan yang bisa mengakibatkan kebankrutan, reorganisasi atau likuidasi.

Konsentrasi Manajemen Pemasaran (12 SKS)

No.

Sandi

Mata Kuliah                                                                            SKS

SKS

1.

2.

3.

4.

 

Mata Kuliah Inti:

Metodologi Penelitian Bisnis & Seminar UP                       3

Mata Kuliah Wajib Konsentrasi:

Manajemen Pemasaran Strategik                                         3

Manajemen Pemasaran jasa                                                  3

Manajemen Pemasaran Bisnis Ritel                                      3

(3)

(3)

(3)

(3)

                                                                                                                               Jumlah                          12

Mata Kuliah Inti :

  1. MEtodologi Penelitian                                  

Research Methodology in Economics Sciences

Merupakan suatu mata kuliah alat  yang membahas tentang azas penelitian ilmiah, syarat-syarat penelitian ilmiah, hipotesis dan kegunaan dalam penelitian ilmiah instrumen penelitian, metode pengumpulan data, metode analisis, penyusunan proposal penelitian dan penulisan laporan penelitian, khususnya dalam bidang ekonomi

  1. Seminar Usulan                

            Seminar of Research Proposal

Sebelum melakukan Seminar Usul Penelitian diwajibkan mengikuti minimal 8 kali Seminar Usul Penelitian dalam program Pascasarjana/bidang ilmu yang relevan. Presentasi lisan usul penelitian untuk tesis/disertasi di muka tim penilai yang terdiri atas Komisi Pembimbing/Promotor dan para penelaah yang ditetapkan.

Mata Kuliah Konsentrasi

  1. Konsentrasi Manajemen Pemasaran
  2. 1)     MANAJEMEN PEMASARAN          3 SKS

Strategic Maketing Management

Memberikan pengetahuan, kemampuan serta keterampilan untuk mengintegrasikan berbagai konsep. Metode dan teknik yang telah dikembangkan dalam mata ajaran sebelumnya ke dalam konsep strategi. Melalui studi kasus, materi ajaran dirancang sedemikian rupa sehingga menampung interaksi dan keterpaduan diantara berbagai disiplin ilmu yang relevan dengan strategi. Fokus mata ajaran diorientasikan ke arah peningkatan kemampuan dalam perumusan pilihan strategi yang diperlukan ditinjau dari perspektif pimpinan puncak dan pimpinan fungsional perusahaan.

  1. Manajemen Pemasaran                3 SKS

Service Marketing Management

            Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan manajemen di bidang pemasaran jasa, hingga diharapkan para manajemen mempunyai kemampuan dalam menganalisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pemasaran bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini adalah : Pengertian pemasaran jasa. Sistem pemasaran jasa. Perilaku konsumen jasa. Bauran pemasaran jasa. Perancangan produk jasa.  Kebijakan  harga  jasa.  Strategi komunikasi.  Sistem  penyampaian  jasa dan strategi komunikasi. Sistem penyampaian jasa dan strategi peningkatan kualitas jasa.

  1. Manajemenbisnis             3 SKS

Service Business Marketing Management

Manajemen saluran pemasaran adalah yang mempelajari  bagaimana merancang, mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang efektif antar anggota saluran, sehingga

perusahaan mampu mendapatkan keunggulan bersaing yang saling berkesinambungan.

Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (12 SKS)

No.

Sandi

Mata Kuliah                                                                        SKS

SKS

1.

2.

3.

4.

 

Mata Kuliah Inti:

Metodologi Penelitian Bisnis & Seminar UP                  3

Mata Kuliah Wajib Konsentrasi:

Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan                         3

Strategi SDM                                                                        3

Manajemen Kinerja                                                            3                                  

(3)

(3)

(3)

(3)

                                                                                                          Jumlah                  12

 

Mata Kuliah Inti :

  1. MEtodologi Penelitian                                  

Research Methodology in Economics Sciences

Merupakan suatu mata kuliah alat  yang membahas tentang azas penelitian ilmiah, syarat-syarat penelitian ilmiah, hipotesis dan kegunaan dalam penelitian ilmiah instrumen penelitian, metode pengumpulan data, metode analisis, penyusunan proposal penelitian dan penulisan laporan penelitian, khususnya dalam bidang ekonomi

  1. Seminar Usulan                

Seminar of Research Proposal

Sebelum melakukan Seminar Usul Penelitian diwajibkan mengikuti minimal 8 kali Seminar Usul Penelitian dalam program Pascasarjana/bidang ilmu yang relevan. Presentasi lisan usul penelitian untuk tesis/disertasi di muka tim penilai yang terdiri atas Komisi Pembimbing/Promotor dan para penelaah yang ditetapkan.       

Mata Kuliah Konsentrasi :

Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia

1)STRATEGI MSDM & MSDM INTERNASIONAL               3 SKS

          Strategic and International Human

Starategi Bisnis dan Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional akhir-akhir ini, isu strategi dan globalisasi harus dipertimbangkan dalam merumuskan kebijakan manajemen sumber daya manusia. Mata kuliah ini mencakup keterkaitan strategi bisnis yang dipilih dan penetapan stretegi-strategi fungsional manajemen sumber daya manusia mulai dari Human Resources Flows,

pelatihan dan pengembangan sistem kompensasi yang kesemuanya dikaitkan dengan kemungkinan dipergunakannya tenaga kerja asing (ekspatriat) serta manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan multinasional.

2)STRUKTUR DAN PERILAKU ORGANISASI        3 SKS

                Stucture and Organizational Behavior

Mata ajaran ini meliputi Struktur Organisasi dan Perilaku Organisasi. Pembahasan Struktur dan Perilaku Organisasi dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan, kemampuan serta keterampilan yang diperlukan untuk mengatur kerja sama produktif melalui pembagian tugas, delegasi wewenang serta koordinasinya agar arus pekerjaan berjalan dengan lancar, teratur dan sinergestik. Topik-topik yang dibahas meliputi analisis dan pengelompokkan kerja, sentralisasi dan desentralisasi, pengaruh dan adaptasi lingkungan, arus pekerjaan, perencanaan struktur organisasi, perilaku individu dan kelompok, gaya kepemimpinan, dinamika kelompok, komunikasi antar budaya dan sebagainya.

3)MANAJEMEN KINERJA SDM                                                                 3 SKS

Dasar-dasar Manajemen Kinerja, Proses Manajemen Kinerja, 360 Derajat Feedback,  Pengenalan terhadap Penilaian Kinerja,  Pencapaian Misi Organisasi,  Job Contens
dan Job Requirement, Proses Pembobotan dan Penilaian, Penetapan Sasaran (Goal Setting), Administrasi Kinerja-Interview dan Conselling Kinerja, Teknik dan Metode Penilaian Kinerja,  Penilaian dan Waktu–Menyusun Sistem Penilaian Kinerja,  Penilaian Kinerja dan Penyesuaian Kompetensi-Assesment Potensi-Penilaian-Pengembangan Karyawan dan Produktivitas OrganisasI

Konsentrasi Manajemen Perbankan (12 SKS)

No.

Sandi

Mata Kuliah                                                                       SKS

SKS

1.

2.

3.

4.

 

Mata Kuliah Inti:

Metodologi Penelitian Bisnis & Seminar UP                   3

Mata Kuliah Wajib Konsentrasi:

Manajemen Resiko Perbankan                                         3

Manajemen Kredit Perbankan                                          3

Manajemen Dana &  Jasa Perbankan                              3

(3)

(3)

(3)

(3)

                                                                                                          Jumlah                        12

Mata Kuliah Inti :

  1. MEtodologi Penelitian                                 

Research Methodology in Economics Sciences

Merupakan suatu mata kuliah alat  yang membahas tentang azas penelitian ilmiah, syarat-syarat penelitian ilmiah, hipotesis dan kegunaan dalam penelitian ilmiah instrumen penelitian, metode pengumpulan data, metode analisis, penyusunan proposal penelitian dan penulisan laporan penelitian, khususnya dalam bidang ekonomi

  1. Seminar Usulan                

Seminar of Research Proposal

Sebelum melakukan Seminar Usul Penelitian diwajibkan mengikuti minimal 8 kali Seminar Usul Penelitian dalam program Pascasarjana/bidang ilmu yang relevan. Presentasi lisan usul penelitian untuk tesis/disertasi di muka tim penilai yang terdiri atas Komisi Pembimbing/Promotor dan para penelaah yang ditetapkan.

Mata Kuliah Konsentrasi

Konsentrasi Manajemen Perbankan

         

1)MANAJEMEN RISIKO                                                                            3 SKS

          Risk Management

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baik konsep maupun aspek praktis mengenai berbagai model risiko dengan sensitiviti analisisnya. Topik yang juga dipelajari yaitu mengenai manajemen aset, risiko kredit serta operasional risiko.

2)MANAJEMEN KREDIT PERBANKAN                              3 SKS

          Banking Credit Management

Mata kuliah ini memberikan suatu review dan sekaligus pendalaman secara teoritis atas filosofi dan pelaksanaan pengelolaan perkreditan yang terjadi di dunia perbankan global maupun di Indonesia. Pemahaman mendalam atas landasan teoritis yang mendukung; yaitu mengenai peranan kredit dalam meningkatkan pendapatan bank, analisis kredit dan fungsinya dalam mengurangi kerugian kredit, kredit komersial, kredit konsumsi, pasar khusus bagi kredit perbankan, dan restrukturisasi kredit, selanjutnya dikaji relevansinya dengan kasus-kasus dan pelaksanaan operasional perbankan dalam bidang manajemen kredit perbankan yang lebih baik.

3)MANAJEMEN DANA & JASA  PERBANKAN        3 SKS

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan dasar-dasar pengelolaan dana yang baik bagi bank yang merupakan komoditi utamanya serta pengelolaan jasa bank .  Berbagai peluang dan pengembangan baik dengan basis konvensional.

Profesi Bidang Pekerjaaan

Profesi Bidang Pekerjaaan Yang Dapat Diisi Lulusan

STIE INABA membuka program Pascasarjana Magister Manajemen dengan bidang kajian ilmu Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Perbankan sangat relevan dengan bidang pekerjaan yang akan dibentuk bagi para lulusan program Pascasarjana Magister Manajemen ini. Diharapkan para lulusan program Pascasarjana Magister Manajemen STIE INABA mampu dalam mengantisipasi perubahan iklim bisnis, serta membentuk sikap profesional dan tanggap terhadap berbagai isu sosial, tanpa melupakan kode etik dalam berbisnis. Pada gambar Gambar 3.2  di bawah ini, profesi, bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh para  lulusan  program Pascasarjana Magister Manajemen kajian yang ditawarkan STIE INABA.     

Profesi Bidang Keilmuan Yang Dapat Diisi Lulusan

        STIE INABA membuka program Pascasarjana Magister Manajemen dengan bidang kajian ilmu Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Perbankan,  sangat relevan dengan bidang keilmuan  yang akan dibentuk bagi para lulusan program Pascasarjana Magister Manajemen ini. Mereka dapat menjadi guru atau dosen sesuai dengan bidang kajian yang diajarkan pada program Pascasarjana Magister Manajemendapat juga  melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi yaitu  ke program Doktor S3. Pada gambar Gambar 3.3 di bawah ini, profesi, bidang keilmuan yang dapat diisi oleh para  lulusan  program Pascasarjana Magister Manajemen kajian yang ditawarkan STIE INABA.

Profesi Bidang Keahlian Yang Dapat Diisi Lulusan

STIE INABA membuka program Pascasarjana Magister Manajemen dengan bidang kajian ilmu Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Perbankan,  sangat relevan dengan keahlian yang akan dibentuk bagi para lulusan program Pascasarjana Magister Manajemen ini. Pada gambar Gambar 3.4 di bawah ini, profesi, keahlian yang dapat diisi oleh para  lulusan  program Pascasarjana Magister Manajemen kajian yang ditawarkan STIE INABA.

More Articles...

Address

Address:
Jl. Soekarno - Hatta No. 448 Bandung
Tel:
+(62) 22-7563919
Fax:
+(62) 22-7563921
Website:
www.inaba.ac.id
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

About Us

INABA Business School adalah sekolah bisnis ungulan yang merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun disingkat STIE-INABA yang didirikan pada tahun 1984.

Connet With Us