Ekspedisi Kemerdekaan RANGER STIE INABA

23 August 2017 Written by 
Published in artical showing

Ekspedisi Kemerdekaan RANGER STIE INABA

Tiga mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) INABA yang tergabung dalam kelompok mahasiswa pecinta alam RANGER STIE INABA berhasil menjejakan kaki di atas puncak sejati Gunung Raung. Ketiganya Meila Chyntiana Kuswandi, Nia Listiantini, dan Yayu Yuliana. Dengan semangat menularkan konservasi lingkungan, ekspedisi kemerdekaan 2017 dilakukan selama 11 hari, mulai dari 7 agustus hingga 17 Agustus 2017. Ekspedisi kemerdekaan diawali dengan mengikuti jambore Hari Konservasi Alam Nasional ke–7 di Taman Nasional Baluran. Ketiganya di damping oleh dua senior di RANGER yakni Sri Midarita dan Fahmi Fahrudin, serta di bawah bimbingan Dedi Kurniawan  yang juga sebagai ketua Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I).

Gunung Raung merupakan gunung berapi aktif yang berada dalam jajaran pegunungan Ijen dan merupakan puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut. Gunung dengan tinggi 3.344 mdpl ini mempunyai kaldera di puncak berbentuk lingkaran yang merupakan kaldera kering terbesar di Pulau Jawa dan kedua terbesar setelah Gunung Tambora.

Meski rute pendakian ke Gunung Raung merupakan salah satu rute tersulit di Indonesia, namun tidak menyurutkan semangat tiga mahasiswi asal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) INABA ini. Pendakian memerlukan waktu selama 4 hari 3 malam. Karena rute pendakian yang cukup sulit serta minimnya sumber mata air, maka pendakian harus dipersiapkan secara matang.

“Tantangan utama dalam pendakian ini adalah keterbatasan sumber air, sehingga kami harus membawa 7 liter air dari bawah” Terang Nia Listiantini. Karena kondisi yang tidak memungkinkan, maka Yayu Yuliana dan Meila Chyntiana  Kuswandi tidak meneruskan pendakian dan memutuskan untuk menunggu di pos sebelumnya. Nia bersama dengan Sri dan Fahmi Fahrudin meneruskan pendakian dan berhasil sampai ke puncak sejati dan mengibarkan bendara Ranger STIE INABA.

 “Sebagai tim kami bersyukur mencapai puncak dan tentunya makna dari ekspedisi ini lebih besar tidak hanya semata pendakian tapi juga bagaimana menularkan semangat konservasi lingkungan secara luas ke masyarakat” pungkas Nia Listiantini.

Ekspedisi kemerdekaan diakhiri dengan upacara kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2017 di Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kesatuan Pengelolaan Hutan Yogyakarta (Balai KPH).

Manajer: Veliana Felicia Santosa

Pembimbing: Dedi Kurniawan, Ahmad Diat

Pembuimbing lapangan: Fahmi Fachruddin, Srimidarita

Atlet: Meila Chyntiana Kuswandi, Nia Listiantini, Yayu Yuliana

Read 257 times
Rate this item
(0 votes)

Address

Address:
Jl. Soekarno - Hatta No. 448 Bandung
Tel:
+(62) 22-7563919
Fax:
+(62) 22-7563921
Website:
www.inaba.ac.id
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

About Us

INABA Business School adalah sekolah bisnis ungulan yang merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun disingkat STIE-INABA yang didirikan pada tahun 1984.

Connet With Us