Turut Lestarikan Alam Bersama

Jambore Konservasi Alam Nasional di Bumi Perkemahan Kawah Ratu – Cidahu diikuti oleh 210 orang peserta yang terdiri dari Kader Konservasi Alam, Kelompok Pecinta Alam, Kelompok Swadaya Masyarakat, serta Kelompok Profesi yang terdiri dari Guru, Peneliti, Jurnalist, Photografer, dan lain-lain. Kegiatan ini didukung oleh mitra Kementrian Kehutanan antara lain The Nature Conservancy (TNC), JICA, Indonesia Power, dan Aneka Tambang.

UKM Ranger STIE INABA adalah salah satu UKM di perguruan tinggi yang mendapatkan undangan langsung dari Kementerian Kehutanan untuk mengikuti kegiatan Jambore Konservasi Alam Nasional. Eben Ezer Ompusunggu dan Aldi Novan Setiawan adalah dua orang perwakilan dari UKM Ranger yang dikirim untuk mengikuti kegiatan Jambore. Kegiatan hari pertama Jambore terdiri dari seminar dan diskusi tentang pengenalan ekosistem alam Indonesia (potensi dan tantangannya) dan kebijakan serta aksi konservasi alam. Hari kedua Jambore, peserta mengikuti kegiatan coaching photography alam yang dibimbing oleh NGI, tracking ke Kawah Ratu, serta ditutup oleh kegiatan renungan alam dan pesta rimba. Upacara bendera memperingati konservasi alam nasional, penanaman pohon di kawasan TNGHS, dan pelepasan satwa liar bersama Kemenhut dilaksanakan pada hari ketiga Jambore yang bertepatan pada jatuhnya Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN).

“Saya sangat terkesan dengan kegiatan Jambore Konservasi Alam ini karena disamping kita mendapatkan ilmu tentang konservasi alam, kita juga menjadi lebih mengenal ekosistem Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang merupakan hutan hujan tropis terbesar di pulau Jawa. Kita bisa saling berbagi ilmu dan bisa saling mengetahui keanekaragaman hayati dan ekosistem yang dimiliki oleh tiap daerah yang juga menjadi peserta dari kegiatan Jambore ini”, ujar Eben Ezer. “Saya berharap kegiatan Jambore Konservasi Alam ini dapat dilaksanakan secara terus menerus. Tidak hanya dilaksanakan setiap memperingati hari Konservasi Alam saja tetapi juga di hari yang lain, minimal 2 kali dalam setahun, serta dilaksanakan secara bergilir di seluruh taman nasional yang ada di Indonesia” lanjutnya lagi.

Address

Address:
Jl. Soekarno - Hatta No. 448 Bandung
Tel:
+(62) 22-7563919
Fax:
+(62) 22-7563921
Website:
www.inaba.ac.id
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

About Us

INABA Business School adalah sekolah bisnis ungulan yang merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun disingkat STIE-INABA yang didirikan pada tahun 1984.

Connet With Us