BEGINI CARANYA MENJADI KAYA DENGAN CARA MENABUNG!

Menabung merupakan hal penting yang harus dilakukan. Sebab banyak sekali manfaat dari menabung, seperti memiliki dana cadangan, mengatur keuangan, belajar mandiri, dan melatih untuk hidup hemat.

Tahukah kamu, metode menabung unik ini, bisa menjadi pilihan untuk memicu semangat kamu, agar tidak merasa susah dan membosankan selama menabung.

Pasalnya, tidak sedikit dari kamu, mungkin pernah merasa kesal karena seringkali merasa gagal, atau sulit menabung. Biasanya, hal tersebut terjadi akibat kebiasaan konsumtif, dan impulsif ketika membeli sesuatu yang tidak terlalu penting. Padahal, manfaat menabung akan sangat terasa di masa tua nanti dan keadaan-keadaan darurat. Selain itu, menabung juga membantu kamu mencapai tujuan atau target finansial dalam jangka pendek hingga jangka panjang.

Berikut ada 5 metode nabung dengan cara unik dan yang pasti efektif buat sobat muda lakuin. Simak yuk.

1. Nabung Sesuai Kalender

Metode yang pertama ini terlihat sangat mudah, karena sobat muda hanya perlu menyesuaikan dengan tanggal kalender. Contoh Rp 1.000 untuk tanggal 1, atau Rp 20.000 untuk tanggal 20. Lakukan kegiatan menabung ini setiap hari, dan akan terkumpul sebanyak Rp 465.000 dalam 30 hari.

2. Nabung Acak/Random

Metode yang kedua ini kalian perlu menentukan tujuan nabung tersebut atau berapa harga barang yang ingin sobat muda beli. Contoh tujuan nabung yang diingikan adalah Rp 15 juta. Lalu, pecah nominal tersebut menjadi Rp 20 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 100 ribu. Tentu saja, jangan sampai lupa untuk mencatatnya. Nah, dengan ini sobat muda tetap bisa menabung dengan nominal terkecil.

3. Nabung Uang Receh

Jangan anggap remeh uang receh, karena pepatah pernah mengatakan bahwa sedikit demi sedikit akan menjadi bukit. Nah, ini sangat cocok untuk metode ketiga, karena sobat muda tidak perlu repot-repot. Hanya perlu mengumpulkan uang receh dalam sebuah celengan atau kantong plastik yang ada di rumah. Apabila sobat muda konsisten, sangat mungkin jumlahnya menjadi besar.

4. Nabung Nominal Tetap

Metode kali ini, sangat terkenal yaitu cara menabung dengan nominal tetap. Sobat muda hanya perlu memilih nominal yang disukai. Contoh nominal yang disukai adalah Rp 20 ribu, sebulan saja sudah keliatan hasilnya sebanyak Rp 600 ribu. Apabila sobat muda konsisten untuk menabung sebanyak 30 hari.

5. Nabung Otomatis

Metode yang terakhir ini cukup rumit, karena sobat muda perlu menyiapkan dua rekening bank. Dimana rekening pertama digunakan untuk gaji pokok atau uang saku, sementara rekening kedua digunakan untuk menyimpan uang yang ingin sobat muda tabung. Cara mudahnya, sobat muda bisa meminta bank untuk memotong otomatis saldo dari rekening pertama untuk dipindah ke rekening kedua setiap tanggal yang sudah ditentukan.

Nah itulah #KawanINABA cara nabung unik yang bisa kamu gunakan supaya bisa konsisten menabung! Nah, kalo kalian ingin lebih mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara mengelola uang dengan baik, STIE INABA menyediakan sertifikasi Financial Planner bagi lulusan STIE INABA sehingga diharapkan lulusan memiliki kompetensi membuat perencanaan keuangan yang baik yang tentunya sangat dibutuhkan baik di Dunia Usaha maupun Dunia Industri.

Yuk #KawanInaba yang ingin berkonsultasi seputar kuliah bisa dengan menghubungi di bawah ini:

Hotline: 0821 1818 2355 / 022 – 956 3919

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *