Digital Marketing: Pahlawan Industri di Masa Pandemi

Digital Marketing

Digital marketing merupakan profesi di bidang pemasaran dengan menggunakan platform digital. Digital marketing bertanggung jawab atas branding produk yang dihasilkan perusahaan.

Dalam membangun brand awareness dan berkomunikasi dengan konsumen, seorang digital marketing menggunakan channel-channel digital seperti e-mail, website, juga media sosial. Karena pemanfaatan teknologi digital dalam dunia pemasaran diyakini dapat menjangkau konsumen lebih maksimal.

Untuk menjadi seorang digital marketing diperlukan teknik tertentu, khususnya yang terkait dengan search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), content marketing, e-mail marketing, video marketing, social media ads, dan penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran.

Seorang digital marketer harus mampu membaca sasaran iklan dengan tepat, dan memanfaatkan setiap data yang diperoleh untuk pengembangan penjualan yang lebih baik.

Fakta tentang Digital Marketing

Mengutip Kompas.com, profesi sebagai digital marketing akan sangat menjanjikan di masa depan, terlebih akibat pandemi Covid-19 ini terjadi percepatan dalam penggunanan teknologi digital karena pembatasan mobilitas masyarakat. Perusahaan dituntut memiliki tim marketing yang handal dan adaptif pada perubahan.

Salah satu tantangan yang dihadapi seorang digital marketer adalah bagaimana meyakinkan pimpinan untuk menggeser pola marketing dari konvensional ke channel digital.

Jika #KawanInaba ingin menekuni profesi ini, kamu bisa ikut banyak kursus online yang tersedia di internet untuk membantu kamu menjadi digital marketer profesional.

Peran dan Tanggungjawab Digital Marketing

  • Bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan sama pemasaran dan branding produk perusahaan secara digital.
  • Menyusun perencanaan untuk promosi sebuah produk melalui channel digital.
  • Membuat konsep campaign marketing di channel-channel digital secara keseluruhan.
  • Membuat konsep dan merancang distribusi content campaign marketing di media sosial.
  • Memelihara dan meningkatkan engagement pelanggan produk melalui penyampaian content di media sosial.
  • Mengoptimasi dan meningkatkan peringkat laman perusahaan dan produk-produk yang dihasilkan dalam search engine

Pengetahuan dan Keahlian Digital Marketing

  • Kemampuan berpikir Strategis
  • Kemampuan Riset Pasar
  • Pemahaman SEO/SEM
  • Penguasaan alat analisis situs
  • Penguasaan Bahasa Asing
  • Keterampilan Komunikasi

Jenjang Karir Digital Marketing

Potensi pertumbuhan karir di bidang digital marketing ke depannya akan sangat baik lho! Pada posisi terbawah biasanya dimulai dari digital marketing officer kemudian meningkat sampai bisa ke posisi digital marketing Executive.

Nah itu dia Profesi DIgital Marketing yang disebut-sebut sebagai “Pahlawan” di Masa Pandemi, dimana terjadi pembatasan-pembatasan mobilitas untuk mencegah penularan virus dan teknik pemasaran yang semula bergerak secara konvensional secara disrupsi harus beradaptasi dengan teknologi digital.

Oleh karena itu, Profesi Digital Marketing saat ini dan di masa depan diprediksi akan sangat banyak dibutuhkan di Indonesia maupun di dunia Internasional.

#KawanINABA yang ingin merintis profesi ini bisa di Universitas INABA bisa memilih Program Studi S1-Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran!

Selain mendapatkan pembelajaran di kelas mengenai Digital Marketing, kamu juga bakal punya kesempatan untuk mengerjakan projek Digital Marketing dengan mentor dari Mitra Kerjasama Startup di Universitas INABA lho!

#KawanINABA yang ingin berkonsultasi terkait Perkuliahan boleh hubungi mimin dengan cara Klik Disini yak!

Mahasiswa Universitas INABA Digital Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *