Kerjasama STIE INABA dengan PUM (Programma Uitzending Managers) Belanda

Programma Uitzending Managers (PUM) sebuah lembaga konsultasi berasal dari Belanda yang mempunyai misi untuk memberikan bantuan pendampingan kepada UKM dengan sukarela untuk meningkatkan daya saing produk secara Internasional melakukan kerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (STIE INABA) baru-baru ini.

Tujuan kerjasama STIE INABA dengan PUM secara garis besar berupa kerjasama antar kampus dan program PUM itu sendiri. Untuk kerjasama antar kampus, rencana kegiatan yang akan dilakukan berupa pertukaran mahasiswa program sarjana maupun program pascasarjana dan dosen dari STIE INABA dengan mahasiswa dan Dosen  Avans University of Applied Sciences (UAS), Belanda.

Tujuan kedua dari kerjasama ini adalah program PUM yang berbentuk pengiriman relawan atau mentor ke STIE INABA untuk menjelaskan, merencanakan dan  membentuk sebuah inkubator bisnis. Mentor yang dikirim oleh PUM adalah Prof. dr. Frans Stel, beliau merupakan salah satu dosen International Business yang mengajar di kampus AVANS University of Applied Science (UAS), Belanda. Selain itu, beliau pun mengajar dan meneliti di University of Groningen, Twente, dan Tilburg. Beliau merupakan seorang businessman yang memiliki keahlian di bidang sales chemical, konsultan pengembangan bisnis, dan direktur kewirausahaan SME (Small Medium Enterprise). Dalam bidang akademik beliau mengajar mengenai inovasi dan kewirausahaan, strategi & manajemen perubahan. Beliau memiliki pusat penelitian untuk bisnis yang berkelanjutan.

Kegiatan utama kerjasama STIE INABA dengan PUM adalah Tax Service, Management Service, dan Inkubator Bisnis.

Tax service merupakan layanan untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan dalam pengurusan  pajak. Tax service rencananya akan dibentuk oleh dosen dan mahasiswa STIE INABA dengan PUM, yang nantinya diharapkan mejadi sumber dana untuk mendukung dua kegiatan lain yang akan dibina oleh STIE INABA dengan PUM.

Management service adalah layanan dalam bentuk bantuan manajemen UKM –UKM di Bandung dalam aspek Sumber Daya Manusia, keuangan, dan lain-lain. Management service akan dibentuk oleh Dosen dan mahasiswa STIE INABA.

Inkubator Bisnis menurut SME  (Small Medium Enterprise) dalam http://www.smeindonesia.org merupakan perusahaan atau lembaga yang memberikan suatu program yang didesain untuk membina dan mempercepat keberhasilan pengembangan bisnis melalui rangkaian program permodalan yang diikuti oleh dukungan kemitraan atau pembinaan elemen bisnis lainnya dengan tujuan menjadikan usaha tersebut menjadi perusahaan. Dalam hal ini, STIE INABA dengan PUM membentuk inkubator bisnis untuk membantu bisnis start-up atau suatu perusahaan yang masih berada di tahap awal (early stage) yang telah memiliki ide bisnis  potensial menjadi usaha mandiri, sehingga mampu sukses menghadapi persaingan lokal mapun global, untuk menjadi bisnis yang nyata dan berkembang sesuai dengan visi dari perusahaan tersebut. Pelaku bisnis start-up ini akan  diberikan pengenalan dan penekanan atas etika bisnis, pemberian informasi mengenai industri bisnis terkait secara umum, mendapat bantuan hal-hal terkait dengan regulasi, dan branding, permodalan, akses teknologi, dan akses pasar.

Hasil yang diharapkan dari kerjasama antara STIE INABA dengan PUM adalah melahirkan mahasiswa yang bisa berbisnis, sebagai sarana pengembangan usaha, akses permodalan, pelatihan, pendampingan, dan bimbingan kewirausahaan.

STIE INABA sebagai Institusi Pendidikan Tinggi ingin berkontribusi langsung menjadi bagian dari masa depan dengan melakukan kerjasama dengan PUM untuk dapat memaksimalkan proses Tridharma Perguruan Tinggi (Pengajaran, penelitian, pengabdian) dan memberikan kebermanfaatan pada masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

 

Penyusunan Inkubator Bisnis di STIE INABA

 

Kunjungan Prof. dr. Frans Stel dan STIE INABA ke Esa Unggul
Penyusunan Inkubator Bisnis di STIE INABA
Perkenalan Prof. dr. Frans Stel dengan mahasiswa STIE INABA
Seminar pembentukan bisnis Prof. dr. Frans Stel bersama mahasiswa STIE INABA
Seminar pembentukan bisnis Prof. dr. Frans Stel bersama mahasiswa STIE INABA
Seminar Prof. dr. Frans Stel Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *