TIPS AGAR TIDAK SALAH JURUSAN

Hallo #KawanInaba!

Hari ini kita bahas jurusan yaak! Eits tapi bukan jurusan dago-ledeng di dago-dago ka ledeng nyuakk!

Kita bahas jurusan kuliah!

Pernah gaksih kalian dapet pertanyaan

“emang yakin jurusan kuliah kamu sekarang sesuai sama passion?”

Atau pertanyaan
“kamu ngambil jurusan *sensor* yakin?! Kayaknya gak pantes deh kamu ambil jurusan itu.”

Daaann masih banyak lagi pertanyaan “ngeselin” lain nya yang bisa jadi sering dateng ke kalian.

Yuk yang sekarang kurang yakin sama jurusan nya atau #KawanInaba yang baru mau kuliah dan masih bingung sama jurusan nya mimin kasih tips supaya kalian gak salah jurusan dan pede dengan jurusan yang kalian pilih.

1. Mengetahui Minat dan Hobi

Memilih jurusan sesuai minat dapat membantumu menikmati perkuliahan. Dengan memilih jurusan kuliah sesuai minat dan hobi maka kita cenderung akan nyaman dalam menjalani nya karena sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jangan terburu-buru dalam memilih jurusan, cari tahu hobi dan minat kamu ke arah mana dan sesuaikan dengan jurusan kuliah yang tersedia.

2. Ketahui Potensi Diri

Disamping minat dan hobi, bakat pun tak kalah penting. Minat yang dibarengi dengan bakat atau potensi diri maka kemampuan kita akan berkembang secara optimal. Kenali potensi diri anda bisa dengan mengikuti konseling-konseling yang ada di BK di sekolah kalian.

3. Pertimbangkan Peluang Karir

Pastikan jurusan yang anda pilih memiliki peluang karir yang luas dan menjanjikan dimasa mendatang. Dalam hal ini kalian harus melakukan riset mengenai kebutuhan pekerjaan di masa mendatang akan lebih membutuhkan sumber daya yang memiliki kompetensi seperti apa dan jurusan apa yang bisa mengakomodir kompetensi tersebut. Kalian bisa membaca artikel-artikel yang membahas tentang Human Resources di Internet atau konsultasi dengan Bimbingan Konseling di Sekolah Anda.

4. Konsultasikan pada Ahlinya

Agar tidak salah jurusan memang kita harus berkonsultasi dengan orang yang pakar terhadap karir. Kamu bisa konsultasi ke Guru Bimbingan Konseling di Sekolah, kepada Orang Tua atau konsultasi kepada mahasiswa di jurusan yang terkait. Selain itu juga kalian bisa konsultasi ke lembaga psikolog dan lembaga bimbingan karir.

5. Minta Pendapat dari Orang Terdekat

Untuk mengetahui potensi diri atau minat kita terkadang kita sedikit kesulitan jika hanya menerka-nerka dengan diri. Cobalah kalian diskusi dengan orang-orang terdekat kalian mengenai potensi diri dan jurusan yang cocok dengan kalian. Dengan berdiskusi pada orang terdekat, kita dapat mengetahui tentang diri kita dari sudut pandang yang berbeda.

Nah, itulah tips agar tidak salah jurusan yang sudah mimin rangkum. #KawanInaba yang masih bingung tentang jurusan kuliah, boleh banget diskusi dengan mimin di tautan ini ya!

Atau bisa banget keep in touch sama mimin di whatsapp: 082118182355 yaa!

Mimin tunggu yaak!

Share di kolom komentar yaa pengalaman kalian dalam memilih jurusan kuliah 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *