UKM TRIPOD JURNALISM
STIE INABA

Deskripsi dan Latar Belakang

NECS adalah nama awal dari UKM Jurnalistik STIE INABA yang berarti “Now Everyone Can Speak”, nama tersebut diberikan oleh Diana Fitri atau biasa disapa bu diphi yang saat itu menjabat sebagai Pembina UKM Jurnalistik ini. Namun seiring berjalannya waktu UKM Jurnalistik STIE INABA berganti dari NECS menjadi TRIPOD. TRIPOD sendiri dibentuk dan di sahkan pada tanggal 2 Februari 2015.

TRIPOD merupakan salah satu alat pendukung kegiatan jurnalistik, nama TRIPOD diangkat karena sang pencetus memaknai dan memberi arti berdasarkan filosofi TRIPOD yang kokoh ditopang oleh 3 kaki atau 3 pilar. Dalam hal ini 3 pilar yang dimaksud menjadi cerminan :

  1. Hubungan dengan Tuhan
  2. Hubungan dengan sesama anggota
  3. Hubungan terhadap masyarakat

Adapun makna dari TRIPOD yang lain adalah penyangga pertama melambangkan sang wartawan, kedua ialah alat pendukung dan ketiga adalah objek atau narasumber yang hasilnya ialah suatu potret yang menggambarkan peristiwa yang terjadi pada masa itu dengan balutan proses.

TRIPOD terbentuk atas keingintahuan mahasiswa tentang kegiatan internal dan eksternal kampus yang diolah menjadi berita. TRIPOD menjadi sarana mahasiswa untuk mengetahui kegiatan kampus dan informasi teraktual sekitar kampus, namun tidak menutup kemungkinan kita menyajikan berbagai informasi diluar itu yang pastinya bermanfaat bagi mahasiswa. Pada setiap periodenya TRIPOD pun mengeluarkan suatu karya jurnalistik rutin yang disebar di seluruh kampus, karya tersebut dapat berupa bulletin, majalah ataupun zine.

Kegiatan UKM TRIPOD

Kegiatan UKM TRIPOD ini tidak jauh dari kegiatan jurnalistik, yaitu dimulai dari liputan kegiatan kampus ataupun luar juga mengolahnya menjadi suatu berita yang dibaca oleh khalayak. Pada setiap pertemuannya kami memfasilitasi mahasiswa untuk belajar bersama mengenai jurnalistik. Tak hanya itu, TRIPOD pun kini menjadi satu-satunya Pers Mahasiswa yang terdapat di kampus STIE INABA. Juga pada tahun 2016, TRIPOD resmi tergabung dalam Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung (FKPMB), dan alhamdulillah pada tahun ini menjadi coordinator wilayah selatan FKPMB. Dengan begitu koneksi kami dengan berbagai kampus menjadi semakin mudah.

UKM TRIPOD sesekali mengadakan berbagai seminar dan diskusi dengan tema yang berbeda pada periodenya dengan mengangkat tema yang sesuai dengan zamannya. TRIPOD juga hadir sebagai sarana infornasi bagi mahasiswa STIE INABA untuk mengetahui update terkini, juga mahasiswa dapat mengirimkam hasil karya mereka atau informasi bermanfaat lainnya kepada TRIPOD, maka akan dibantu dalam publikasi.

Dengan bergabung dengan TRIPOD diharapkan mahasiswa lebih aktif dalam menjalankan perannya sebagai mahasiswa dan memahami betapa pentingnya suatu media informasi bagi khalayak di era post truth saat ini. Dengan hadirnya TRIPOD pun diharapkan mahasiswa peka terhadap isu-isu disekitarnya dan mampu mengawal kebijakan bersama dengan lembaga Independen yang dinamakan Pers Mahasiswa.

FOTO KEGIATAN ukm tripod

Unit Kegiatan Mahasiswa di STIE INABA adalah salah satu daya tarik mahasiswa untuk lebih aktif dalam berorganisasi